Minggu, 21 September 2014

FWD dan RWD


Hai, Apa kabar kalian? Saya mau menulis artikel nih karena sudah lama tidak ngeblog dan sebenarnya ini adalah topik bahasan lama di dunia maya, sudah basi dan gak begitu penting banget maka tidak ada salahnya saya tuangkan lagi dalam sebuah tulisan saya ini. Cukup sebagai bahan bacaan saja.... :D 
Jadi mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan disana-sini. Bahasan saya kali ini akan membahas mengenai sistem penggerak roda mobil.

Kendaraan roda empat terdapat sistem penggerak ban atau roda.
Tercatat ada 4 yang saya ketahui, yaitu :

  1. FWD (Front Wheel Drive)
  2. RWD (Rear Wheel Drive)
  3. 4WD (Four Wheel Drive)
  4. AWD (All Wheel Drive)
Singkat saja, yang saya bahas adalah FWD dan RWD.

FWD (Front Wheel Drive)

Gambar di bawah ini dilihat dari atas.

Gambar 1. Front Wheel Drive

FWD atau sistem penggerak roda depan tercatat memiliki dua kelebihan yang utama bagi produsen, yaitu memiliki bagian spare part yang sedikit dan desain bentuk mobil yang lebih murah, kecil, dan simpel ketika dimasukkan/dirakit di assembly line pabrik. Selain itu, ada beberapa poin lagi yaitu bobot yang lebih ringan ternyata dapat mengurangi konsumsi bahan bakar (mileage). Mobil yang memiliki sistem penggerak roda depan memiliki traksi yang lebih baik daripada mobil yang memiliki sistem penggerak roda belakang karena posisi mesin mobil tipe FWD juga berperan dalam menekan gaya pada roda depan sehingga memiliki grip yang bagus. 

Namun, sistem FWD tersebut memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut adalah handling mobil ketika melakukan dua hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan yaitu membawa beban yang berat penuh penumpang dan berada pada kecepatan yang tinggi....hal yang sangat masuk akal dimana posisi sistem penggerak roda berada di depan memiliki dua tugas berat. Pertama, ban atau roda depan harus mampu menahan bobot mesin yang berada tepat di atasnya. Kedua, ban depan harus mampu melakukan manuver steer (berbelok) ketika membawa beban berat dan dalam kecepatan tinggi. 

Oiya, satu lagi kelemahan dari FWD ini adalah harus cermat dalam mengamati bagian C.V Shafts atau Drive Shafts/Halfshafts (bisa dilihat pada gambar 1 di atas) karena bisa terjadi distorsi atau dalam bahasa jawanya mletot...hehe.

Contoh mobil yang menerapkan FWD adalah Suzuki Swift, Nissan Livina, Toyota Yaris, Suzuki Ertiga, Honda Stream, Honda Freed, Honda Civic, Honda Jazz, Honda Mobilio, Toyota Vios. Jika masih ada yang kurang, silakan ditambahkan sendiri. Saya jadi penasaran nih, apakah semua mobil merk Honda yang dijual di sini menggunakan FWD ya?


Gambar 2. Front Wheel Drive Schematic







 

Gambar 3. Honda Mobilio


Gambar 4. Honda Stream
Gambar 5. Suzuki Ertiga

Gambar 6. Honda Freed

Gambar 7. Toyota Yaris


Gambar 8. Honda Jazz Generasi Ketiga

Gambar 9. Nissan Grand Livina


RWD (Rear Wheel Drive)

Selanjutnya mengenai RWD memiliki ciri-ciri yang mudah diamati pada roda belakangnya. Mengenai kelebihan dari sistem RWD atau sistem penggerak roda belakang memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah tangguh dan kuat membawa beban berat seperti mobil jenis pick-up. Mengenai kelemahannya yang jelas bagian komponen bertambah.


Gambar 10. Sasis mobil jenis RWD

Mobil jenis RWD memiliki sasis yang berbeda dengan FWD. Pada gambar tersebut terlihat rigid (kaku) dan memiliki Driveshafts yang berguna untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang. Mengenai ciri-ciri mobil yang menerapkan RWD ini dapat kalian amati sendiri di jalan raya...hehe

Sebagai contoh adalah Nissan Cefiro, Mazda E2000, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, Mitsubishi Kuda, Toyota Innova dan lain-lain.



Gambar 11. Mazda E2000
Gambar 12. Mitsubishi Kuda
Gambar 13. Nissan Cefiro



Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar: